Solahart Solusi Terbaik

Sharing is caring!

Instalasi SWH: Begitu piping Anda siap, maka tinggal telpon dealer SWH dan beli yang cocok. Harga SWH relative mahal dibanding pemanas air gas atau electric. Saya sudah baca berbagai paper studi ke-ekonomisan SWH, dan return-nya sekitar 4 tahun (dibanding elektrik). SWH adalah benda termahal di rumah saya, bersaing ketat dengan Sofa.

Di atas adalah gambar sewaktu unit datang ke rumah dan dipasang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin memasang SWH:

  1. Jumlah pengguna mempengaruhi kapasitas yang diperlukan: Rule of thumb-nya adalah 30 – 60 ltr/orang/hari. Ada juga yang menghitung 1–1.5 mkolektor area per orang.
  2. Tekanan air: Tekanan yang cukup perlu untuk naik ke atas dan membuka check valve di outlet kolektor. Data tekanan yang dibutuhkan ada di datasheet tiap SWH, tapi tukang hanya perlu membuka keran untuk mengetahui cukup/tidak. Jika deras dia langsung bilang oh cukup ini Pak…
  3. Teknologi: Yang dijelaskan di atas adalah flat plate kolektor (kolektor pelat datar). Sekarang banyak yang jual yang jenis vacuum tube yang dinilai lebih efisien.

Oh ya, kolektor SWH bekerja dengan menciptakan green house effect mini. Radiasi matahari sumbernya sangat panas dan sampai ke bumi dengan panjang gelombang (wavelength) yang pendek. Karena panas bumi tidak sama dengan matahari, maka radiasi yang dipancarkan bumi wavelength-nya panjang. Gas rumah kaca di atmosfer tidak mau meneruskan radiasi dengan wavelength yang panjang, sehingga radiasi bumi dipantulkan kembali dan membuat bumi “hangat”. Kaca yang ditempatkan di atas kolektor juga berfungsi sama dengan gas rumah kaca, membuat area di dalam kolektor semakin panas.

Demikian, silahkan hubungi saya jika perlu bantuan. ^_^

Salah satu SWH buatan kami doeloe:

Service Solahart Jakarta

(Sumber : Husnu Kusuma Blog)